30 Maret 2013

Mengatur Pola Tidur Bayi


Bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki bayi tentu mengalami kesulitan mengatur pola tidur bayi. Tiap bayi memiliki pola tidur yang berbeda. Mereka mempunyai ciri khas masing-masing. Sebagian bayi bisa tertidur cukup lama selama beberapa hari pertamanya, dan hanya terbangun sebentar bahkan mungkin kurang tertarik menyusu. Sedangkan bayi lain malah sebaliknya, sering terbangun, rewel dan harus sering disusui. Kedua tipe ini normal.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, pola tidur bayi bisa dibedakan berdasarkan pada usianya :
  • Usia 0 – 2 bulan, jumlah jam tidur yang dibutuhkan antara 10,5 – 18 jam/hari. Pola tidur tidak teratur (hingga usia 6-8 minggu), berhubungan dengan rasa lapar. Periode tidurnya multiple pada siang dan malam hari. 
  • Usia 2 – 12 bulan, jumlah jam tidur yang dibutuhkan antara 14 – 15 jam/hari. Pola tidur mulai terlihat. Jumlah tidur malam bertambah. Tidur siang yang awalnya berjumlah 3–4 kali, berubah menjadi 1-2 kali diakhir tahun pertama. 

Membentuk Pola Tidur Bayi 

Walau pada kenyataannya pola tidur bayi akan terbentuk pada usia 6-8 minggu, namun tidak ada salahnya kita mulai membentuk pola tidur bayi sejak dini
  • Kenali tanda mengantuk. Perhatikan pola tidur bayi anda dan kenali tanda ketika bayi anda mulai mengantuk, misalnya dia mulai menggosok matanya, menarik telinga dan terlihat lebih rewel. 
  • Kegiatan sebelum tidur. Letakkan bayi anda pada tempat tidurnya saat mengantuk, bukan pada saat dia tertidur. Tidurkan bayi pada tempat tidur dengan wajah dan kepala bebas selimut atau benda halus lainnya. Lakukan kegiatan yang menyenangkannya, misalnya menyanyikan lagu penghantar tidur atau menggosok lembut punggungnya. Lakukan semua itu di tempat tidur, agar dia tahu saat berada di tempat tidur adalah waktunya untuk tidur. 
  • Ciptakan suasana. Pastikan tempat tidur bayi teruji keamanannya. Ajari bayi untuk membedakan siang dan malam. Ketika siang hari, lakukan interaksi dengan bayi sebanyak mungkin dan terangi dengan lampu kamar saat melakukan aktivitas bersama. Ketika malam hari, ciptakan ruang tidur yang hening dan redup, bicara perlahan padanya agar dia tahu malam bukanlah waktu untuk bermain. 
  • Dorongan anda. Doronglah bayi untuk tidur di malam hari. Ajarkan dia untuk tidur secara mandiri dan dapat menenangkan diri sendiri. 
 Tidur merupakan kebutuhan vital bagi bayi untuk masa perkembangannya. Kenyamanan tidur bayi di malam hari akan menciptakan kesenangan di pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar